KEUNIKAN TENTANG ADZAN (edisi 2015)



Setiap hari suara adzan selalu berkumandang, terlebih bagi negara yang mayoritas umatnya beragama Islam. Apabila telah dikumandangkan, wajib hukumnya umat muslim di dunia untuk melaksanakan sholat. Di balik merdunya suara Adzan yang berkumandang, ada keistemewaan tersendiri dari adzan, sehingga bagi muadzin (orang yang menyerukan adzan) sekalipun, Allah telah menjanjikan pahala kepadanya. Dibalik keistemewaannya, adzan juga menyimpan fakta unik.

1.   Kalimat penyeru yang mengandung kekuatan dahsyat
      Begitu adzan berkumandang kaum muslim yang benar-benar beriman dan bertakwa kepada Allah akan segera bergegas ke Masjid menunaikan sholat. Tanpa sadar syaraf akan memerintahkan tubuh untuk segera menunaikan sholat.

2.   Banyak non-muslim yang menjemput hidayah setelah mendengar adzan
Banyak kisah perjalanan hidup kaum mualaf hingga akhirnya menemukan hidayah yang seringkali menyentuh nurani. Berbagai sebab mereka akhirnya masuk Islam. Salah satu sebab yang sering terjadi adalah suara adzan yang didengar mereka.

3.   Perintah adzan datang melalui mimpi
Pada awalnya Rasulullah SAW tidak tahu dengan cara yang digunakan untuk mengingatkan umat muslim bila waktu sholat tiba. Ada sahabat yang menyampaikan usul untuk mengibarkan bendera, menyalakan api diatas bukit, meniup terompet, dan membunyikan lonceng. Semua saran itu dianggap kurang cocok. Hingga datanglah sahabat, Abdullah bin Zaid yang bercerita jika dia mimpi bertemu dengan seseorang yang memberitahunya untuk mengumandangkan adzan dengan menyerukan lafaz-lafaz adzan seperti saat ini. Lalu dikabarkanlah perihal mimpi ini kepada Rasulullah. Umar bi Khathab mendengar hal itu dan ternyata dia juga mengalami mimpi yang sama. "Demi Tuhan yang mengutusmu dengan Hak, ya Rasulullah, aku benar-benar melihat seperti yang ia lihat (didalam mimpi)."
Rasulullah menyetujui untuk menggunakan lafaz-lafaz adzan itu sebagai tanda waktu sholat tiba.

4.   Dikumandangkan saat peristiwa-peristiwa bersejarah
Selain digunakan untuk menandakan waktu sholat tiba, adzan juga dikumandangkan pada momen-momen penting dan bersejarah. Misalnya ketika seorang bayi lahir. Peristiwa lain, ketika Konstantinopel jatuh ke tangan pasukan Ottoman yang mengakhiri kekaisaran Romawi Timur, beberapa perajurit Ottoman masuk ke dalam lalu mengumandangkan adzan sebagai tanda kemenangan. 

5.   Miliaran kali dikumandangkan sejak 14 abad lalu
Adzan dikumandangkan 5 kali sehari. Semenjak adzan pertama kali dikumandangkan 14 abad lalu hingga saat ini, tak dapat dihitung berapa juta kali adzan telah berkumandang.
Anggaplah setahun 356 hari. Jika 14 abab adalah 1400 tahun, maka 1400 tahun x 356 hari = 511000 hari. Dalam satu hari, adzan 5 kali dikumandangkan. Sehingga sedikitnya adzan telah dikumdangkan 2.555.000 kali. Jika dalam satu hari ada 1 juta muslim di dunia yang mengumandangkan adzan, jadi adzan telah dikumandangkan sebanyak 2.555.000.000.000 kali. Subhanallah.. Sumber : Fakta Unik Mengenai Adzan

0 Response to "KEUNIKAN TENTANG ADZAN (edisi 2015)"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar Anda dibawah ini,
Adapun peraturan berkomentar diblog ini :

1. Tidak komentar spam
2. Tidak komentar promosi
3. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA
4. Berkomentar dengan sopan

Jika Anda tidak memenuhi peraturan, terpaksa komentar Anda akan saya hapus.

Terimakasih atas kunjungan Anda :)